UPNVY BERPARTISIPASI DALAM PENDIRIAN ASEAN Agriculture University Network


2017-08-02

Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta – Prof Dr. Ir. Sari Bahagiarti K., M.Sc. bersama dengan Dekan Fakultas Pertanian – Partoyo, S.P., M.P., Ph.D. mengikuti The First ASEAN Agriculture University Network (AAUN) Forum Meeting pada tanggal 29 Juni - 2 Juli 2017 di Maejo University, Chiang Mai, Thailand. UPN “Veteran” Yogyakarta terlibat aktif dalam pembahasan rencana tersebut sejak setahun yang lalu. Pertemuan tersebut merupakan puncak dari beberapa pertemuan pendahuluan yang telah menyepakati pembentukan jejaring universitas yang mengelola bidang ilmu pertanian di ASEAN. Bagi UPN “Veteran” Yogyakarta, kegiatan semacam ini semakin banyak dilakukan dalam rangka menambah wawasan dan kesempatan civitas akademika untuk terhubung dengan mitra dan jejaring luar negri. Perluasan jejaring ini mendukung tercapainya visi lembaga yang mengarah ke lingkungan global. Jejaring internasional akan memberikan nilai tambah bagi para mahasiswa dan dosen dalam pengembangan diri selama belajar dan melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Pertemuan yang dihadiri sebanyak 44 delegasi mewakili 25 universitas dari 9 negara anggota ASEAN dan China serta Taiwan tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi area kolaborasi yang potensial berdasarkan benchmarking kurikulum pendidikan tinggi pertanian di Asia Tenggara. Adapun keluaran yang diharapkan dari pertemuan tersebut adalah (1) Pendampingan institusi dalam penyusunan kerangka benchmarking sistem pendidikan, dan (2) Penguatan jejaring dan kerjasama.

Beberapa kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan tersebut adalah :

  1. ASEAN Community (Masyarakat Ekonomi ASEAN – MEA) 2015 membuka sistem ekonomi, sosial dan kultural di negara-negara ASEAN. Hal ini merupakan tantangan dan peluang di sektor pendidikan yang mendorong pengembangan jejaring Pendidikan Tinggi Pertanian yang lebih kuat.
  2. Saat ini tercatat banyak universitas di negara-negara ASEAN yang telah memiliki kolaborasi bi-lateral bidang akademik yang ditandai dengan MoU. Kolaborasi yang sudah ada tersebut akan dimanfaatkan untuk memperluas jejaring dan kerjasama diantara anggota AAUN.
  3. Anggota AAUN harus memiliki komitmen yang kuat untuk penguatan kolaborasi akademik antar universitas. Kolaborasi yang akan dikembangkan adalah: pertukaran mahasiswa, pemerolehan kredit, pertukaran kredit, magang, seminar mahasiswa, pertukaran dosen/staf, pelatihan, penelitian dan publikasi bersama, workshop, resources/network sharing, dan harmonisasi kurikulum.
  4. Akan dibentuk kelompok kerja di bidang akademik, bidang penelitian, maupun  bidang lain disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing universitas agar implementasi rencana aksi lebih efisien dan efektif.
  5. Pembuatan jurnal ilmiah/website/media komunikasi AAUN untuk sarana publikasi bersama dan komunikasi antar anggota AAUN.
  6. Pembuatan sistem akademik yang dapat diimplementasikan diantara anggota AAUN.
  7. Seluruh delegasi yang hadir sepakat dan menandatanagi dokumen DEKLARASI PENDIRIAN AAUN.

Adapun universitas yang hadir dan menandatangani dokumen adalah

  1. Central Mindanao University, Phillipines
  2. Chiang Mai University, Thailand
  3. Chulalongkorn University, Thailand
  4. Universitas Gadjah Mada, Indonesia
  5. Kasetsart University, Thailand
  6. Laguna State Polytechnic University, Phillipines
  7. Naresuan University, Thailand
  8. National Pingtung University of Science and Technology, Taiwan
  9. National University of Laos, Laos
  10. Pangasinan State University, Phillipines
  11. Royal University of Agriculture, Cambodia
  12. Siliwangi University, Indonesia
  13. Tainan University of Technology, Taiwan
  14. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  15. University of Eastern Philippines, Phillipines
  16. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Indonesia
  17. University of the Philippines Los Banos, Phillipines
  18. University of Southern Mindanao, Phillipines
  19. Universiti Putra Malaysia, Malaysia
  20. Vanung University, Taiwan
  21. Western Philippines University, Phillipines
  22. Xavier University, Phillipines
  23. Yezin Agricultural University, Myanmar
  24. Yunnan Agricultural University, China
  25. Maejo University, Thailand