Pengumuman Seminar Nasional Teknik Kimia


2020-01-03

Seminar Nasional Teknik Kimia “Kejuangan” (SNTKK) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Kimia FTI UPN ”Veteran” Yogyakarta. Seminar ini merupakan sarana komunikasi bagi para peneliti dari perguruan tinggi, institusi pendidikan, serta lembaga penelitian maupun industri, dalam mengembangkan teknologi kimia untuk pengolahan sumber daya alam Indonesia.

SNTKK pada tahun 2020 ini mengangkat topik "Pengembangan Teknologi Pemrosesan Bahan untuk Peningkatan Nilai Tambah Sumberdaya Alam dalam Rangka Kemandirian Nasional dan Pertahanan". Isu mengenai kemandirian nasional dan pertahanan masih menjadi bagian dari proses perubahan Bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Kurangnya penelitian dan ketidakpastian terkait dengan kontrak dan peraturan masih menjadi tantangan yang perlu dihadapi. Oleh karena itu, dukungan dari ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pada bidang proses kimia melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan rekayasa yang kreatif dan inovatif serta dikelola secara intensif dan berkelanjutan, diharapkan dapat menyokong terciptanya sinergi yang baik antara pendidikan tinggi, industri dan pemerintah, sehingga cita-cita bangsa dalam meningkatkan kemandirian nasional dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan dapat terwujud.

Hasil penelitian dan pengembangan teknologi di berbagai bidang, khususnya teknologi pengolahan sumber daya alam Indonesia, perlu saling diinformasikan agar terjadi sinergi optimal dalam pengembangan industri dan proses kimia. Hal ini, diharapkan dapat menjadi basis untuk pengembangan proses yang menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan ekspor.

SNTKK 2020 akan dilaksanakan :

Hari, Tanggal     : Kamis, 16 April 2020
Tempat             : Grand Quality Hotel
                          Jl. Laksda Adisucipto No. 48, Yogyakarta, Indonesia, 55281

Pembicara Utama :

  1. Pembicara dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (masih dalam konfirmasi).
  2. Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D (Dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada)

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website : http://semnastk.upnyk.ac.id