Pelatihan Mendeley bagi Dosen FTI


2019-10-21

Senin (21/10) Fakultas Teknik Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta mengadakan Pelatihan Mendeley di Ruang Seminar Informatika bagi dosen di lingkungan FTI. Pelatihan ini diadakan untuk memfasilitasi dosen dalam belajar manajemen referensi. Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah.

FTI mengundang Andri Pranolo, dosen Prodi Teknik Informatika UAD, untuk membimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunkan Mendeley. Beliau menerangkan bahwa sitasi tidak dapat lepas dari sebuah karya tulis ilmiah. Terkadang penulis artikel kurang berhati-hati dalam membuat sitasi sehingga penulisan sitasinya tidak sesuai dengan format yang diberikan. Dengan menggunakan aplikasi Mendeley, kejadian tersebut dapat diminimasi.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dosen di lingkungan FTI dapat meningkatkan kualitas karya tulis dengan pengelolaan referensi ilmiah yang lebih baik lagi.