Pelatihan Pengajuan Jabatan Fungsional Dosen


2019-10-15

Guna percepatan pengajuan jabatan fungsional bagi para dosen, maka Fakultas Teknik Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengajuan jabatan fungsional dengan mendatangkan narasumber Kepala Kepegawaian UPN ”Veteran” Yogyakarta, yaitu Bapak Sukisman. Kegiatan tersebut diadakan pada Selasa (15/10) di Ruang Seminar Teknik Informatika dan dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan FTI. Wakil Dekan Bidang Akademik (Dr. Apriani Soepardi, S.TP., MT.) membuka acara sekaligus memberikan sambutan. Melalui sambutannya, Beliau memberikan motivasi kepada semua dosen untuk segera mengajukan kenaikan jabatan fungsional. Hal tersebut merupakan upaya FTI untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat bersaing dengan institusi perguruan tinggi di luar UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Dosen tetap di lingkungan Fakultas Teknik Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta adalah dosen yang bekerja penuh waktu yang berstatus sebagai tenaga pendidik tetap pada satuan pendidikan tinggi tertentu dan diberi nomor induk dosen nasional (NIDN). Untuk memenuhi kewajiban dosen dalam menjalankan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi, maka dosen diharapkan dapat segera memenuhi jenjang jabatan dan pangkat dosen meliputi asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan guru besar. Untuk meningkatkan jenjang jabatannya, dosen harus mengumpulkan angka kredit sesuai dengan jenjang pangkat yang ingin dicapai. Angka kredit tersebut diperoleh dengan menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dengan diadakannya sosialisasi dan pelatihan ini dapat memotivasi dosen-dosen di lingkungan FTI untuk segera mengajukan peningkatan jabatan fungsional sehingga berdampak positif bagi individu maupun institusi UPN ”Veteran” Yogyakarta kedepannya.