Pelatihan Penulisan Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Bereputasi (Part 1)


2019-10-08

Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah dosen, Fakultas Teknik Industri mengadakan pelatihan penulisan ilmiah untuk publikasi jurnal bereputasi. Pelatihan tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 8 Oktober 2019 di Ruang Seminar Informatika jam 08.30 WIB.

Karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal nasional maupun internasional merupakan prasyarat seorang dosen untuk mengajukan pengingkatan jabatan fungsional. Prasyarat tersebut, terlebih lagi karya ilmiah yang dipublikasikan ditingkat internasional, sering kali menghambat dosen-dosen di lingkungan FTI untuk meningkatkan jabatan fungsionalnya. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh dosen-dosen di lingkungan FTI untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam melakukan publikasi di jurnal bereputasi serta meningkatkan kualitas karya ilmiah dosen.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, yaitu Bapak Alva Edy Tontowi, Ph.D. Beliau mengatakan bahwa karir sebagai dosen harus mengusung tri dharma, sehingga dosen memiliki peran yang aktif sebagai scientist dan engineer. Dalam pelatihan ini juga dijelaskan bagimana langkah-langkah dalam menyusun sebuah publikasi yaitu membuat konten paper, memilih jurnal bereputasi yang relevan, dan kemudian mulai menulis paper dengan tools pendukung seperti Microsoft Word, Mendeley, Power Point, CAD, dan lain sebagainya. Di akhir pelatihan, Bapak Alva Edy Tontowi, Ph.D. berpesan supaya dosen-dosen di lingkungan FTI segera mulai menulis dan jangan takut untuk salah.