Desa Karya


2019-07-10

Keberhasilan pembangunan negara dapat diukur dari kemajuan tingkat perekonomian masyarakat dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang baik masyarakat perlu melakukan usaha tertentu untuk meningkatkan taraf hidupnya. Oleh karena itu diperlukan wadah pemberdayaan masyarakat dalam bentuk penyediaan lapangan pekerjaan atau hal-hal lain terkait kegiatan yang dapat meningkatkan taraf hidup maupun tingkat perekonomian masyarakat.

Dusun trumpon merupakan dusun yang terletak di kawasan sleman dengan 98% penduduknya merupakan petani salak. Setelah masa panen, salak yang dihasilkan oleh masyarakat dusun trumpon dijual seharga Rp. 2.500,00 sampai Rp. 5.000,00 per kilo. Harga ini dinilai tidak sebanding dengan usaha pembuahan salak yang telah dilakukan. Harga jual salak yang relatif sangat murah menjadikan tingkat perekonomian masyarakat dusun trumpon menjadi relatif rendah dikarenakan hasil pendapatan dari penjualan salak ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat dusun Trumpon. Oleh karena itu dibutuhkan nilai tambah pada penjualan salak agar dapat meningkatkan harga jual produk salak tersebut. Dengan adanya pembentukan UMKM produk olahan salak diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat padukuhan trumpon.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan pembuatan produk asinan dan manisan salak serta membantu dalam kegiatan penyaluran  produk secara online maupun